Foto Viral Bayi Selamat Bukan Penumpang Lion Air JT 610 yang Jatuh

1,914 views

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluruskan foto seorang bayi yang disebut penumpang selamat dari kecelakaan Lion Air JT 610 tujuan Jakarta-Pangkalpinang. BNPB menyebut informasi mengenai bayi tersebut sama sekali tidak benar.

“Banyak postingan foto di media sosial bahwa ada bayi penumpang pesawat JT 610 yang selamat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB lewat Twitter resminya, Selasa (30/10/2018).

Baca juga: Gempa 5,2 SR Guncang Banten, Tak Berpotensi Tsunami

Sutopo menyebut bayi itu memang merupakan salah satu penumpang selamat. Bayi itu selamat dari kejadian tenggelamnya kapal KM Lestari Maju di Perairan Selayar pada Juli lalu.

“Foto bayi ini adalah bayi yang selamat dari tenggelamnya kapal KM Lestari Maju, di Perairan Selayar, pada Selasa (3/7/2018),” ucap Sutopo.

Baca juga: Pesawat Lion Air Jatuh di Laut, Sudah Ditemukan

Sutopo meminta semua pihak arif dalam bermedia sosial. Dia meminta masyarakat pengguna internet tidak menyebarkan foto ataupun informasi palsu alias hoax.

“Jadi info tersebut adalah hoax. Jangan menyebarkan hoax,” pesan Sutopo.

Pesawat Lion Air JT 610 jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) sekitar pukul 06.33 WIB. Pesawat berjenis Boeing 737 MAX 8 berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bangka-Belitung dengan membawa 189 orang di dalamnya, dua di antaranya adalah bayi.

Sampai saat ini tercatat ada 24 kantong jenazah yang tiba di dermaga JICT dan diberangkatkan ke RS Polri Kramat Jati. Nantinya, isi kantong jenazah itu bakal diidentifikasi oleh tim DVI.

Banyak postingan foto di media sosial bahwa ada bayi penumpang pesawat JT-610 yang selamat. Foto bayi ini adalah bayi yang selamat dari tenggelamnya kapal KM Lestari Maju, di Perairan Selayar, pada Selasa 3/7/2018. Jadi info tersebut adalah Hoax. Jangan menyebarkan hoax. pic.twitter.com/SziiS6Uoog
— Sutopo Purwo Nugroho (@Sutopo_PN) October 30, 2018

Sumber : Detik.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *