Jokowi Ma ruf Unggul di Survei, Timses Gerak Gaet Swing Voters

Jokowi-Ma’ruf Unggul di Survei, Timses Gerak Gaet Swing Voters

9 views

Jakarta – Elektabilitas pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul dibanding Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam survei Populi Center. Timses akan mengoptimalkan upaya merebut swing voters.

“Kami sangat apresiasi apa yang dilakukan lembaga survei. Kami meyakini apa yang dilakukan survei ini kredibel karena memang berdasarkan data-data yang disampaikan dan berdasarkan data yang disampaikan dari audiensi yang dicapai oleh lembaga survei,” kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Eriko Sotarduga, di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2018).

Namun pihaknya tak mau jemawa atas keunggulan dalam survei. Sebab, pilpres baru digelar pada April 2019.

Baca juga: PAN Kritik Jokowi: Nanti Anak Kecil Ngomong Sontoloyo!

Menurut Eriko, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan pasangan Jokowi-Ma’ruf, salah satunya meyakinkan swing voters.

“Ini kan kita masih punya waktu enam bulan. Enam bulan ini sendiri, kan yang belum memilih cukup tinggi, kurang-lebih ada di angka 20 persen dan kemudian masih bisa berubah, juga ada kurang-lebih 25 sampai 30 persen,” sambung Eriko.

Dalam enam bulan ke depan, Jokowi-Ma’ruf harus tetap menjaga ritme. Ini juga harus dilakukan tim kampanye nasional dan tim kampanye daerah.

“Dalam enam bulan ke depan, kita betul-betul harus menjaga ritme, menjaga betul-betul yang memilih pasangan 01 Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin. Sudah dipesankan juga kepada semua juru bicara, semua narsum, kepada semua tim kampanye, baik TKD, TKN tingkat 1 dan 2, agar kita betul-betul menjaga kepercayaan dari masyarakat dan juga mensosialisasikan,” paparnya.

Baca juga: Istri Sandiaga Temani Prabowo Deklarasikan Gerakan Emas

Populi Center merilis survei elektabilitas capres-cawapres terbaru. Hasilnya, elektabilitas Prabowo-Sandiaga Uno masih jauh tertinggal dari Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Untuk pertanyaan tertutup mengenai elektabilitas dua paslon, Jokowi-Ma’ruf mendapatkan angka elektabilitas sebesar 56,3 persen. Angka ini cenderung stagnan karena masih dalam rentang margin of error. Sementara itu, angka Prabowo-Sandiaga adalah 30,9 persen untuk bulan Oktober 2018. Elektabilitas pasangan Prabowo-Sandiaga stagnan di angka 30 persen,” demikian kesimpulan survei Populi Center yang diterima detikcom, Rabu (24/10).

Survei ini dilakukan pada periode 23 September hingga 1 Oktober 2018. Survei menggunakan 1.470 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error di kisaran 2,53 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
(ibh/fdn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *